10 Makanan Khas Kalimantan Timur, Bikin Ketagihan!

10 Makanan Khas Kalimantan Timur, Bikin Ketagihan!

Kalimantan Timur, wilayah yang terletak di bagian timur Pulau Kalimantan, Indonesia, tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner yang lezat dan unik. Berikut adalah sepuluh Makanan Kalimantan Timur yang akan membuat lidah Anda ketagihan!

1. Soto Banjar

Soto Banjar adalah salah satu hidangan khas Kalimantan Timur yang paling terkenal. Kuahnya yang kaya rasa dengan campuran bumbu rempah-rempah, daging ayam, dan perkedel kentang, membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

2. Amplang

Snack yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Amplang, kue kering yang terbuat dari ikan tenggiri dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, merupakan camilan khas Kalimantan Timur yang populer.

3. Lontong Orari

Lontong Orari adalah lontong yang disajikan dengan kuah khas yang terbuat dari ikan. Kuahnya yang segar dan bumbu khas memberikan sensasi rasa yang unik dan menyegarkan.

4. Ayam Cincane

Ayam Cincane adalah ayam bakar khas Kalimantan Timur. Ciri khas masakan ini adalah bumbunya yang meresap sempurna dengan rasa pedas yang khas. Ayam Cincane, sebagai salah satu kuliner khas Kalimantan Timur, menggugah selera dengan keunikan rasa dan aromanya. Hidangan ini merupakan pilihan tepat bagi penggemar masakan pedas dan gurih.

5. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor adalah nasi goreng khas Kalimantan Timur dengan bumbu yang kaya dan rasa yang gurih. Biasanya disajikan dengan potongan daging dan sayuran, menjadikannya makanan yang lengkap.

Baca Juga:  Makanan Khas Yogyakarta yang Enak

6. Ikan Patin Bakar

Ikan Patin Bakar adalah hidangan ikan patin yang dibakar dengan rempah-rempah. Tekstur dagingnya yang lembut dan bumbu bakarnya yang meresap membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

7. Bubur Pedas Sambas

Bubur Pedas Sambas, meskipun berasal dari Sambas, Kalimantan Barat, juga sangat populer di Kalimantan Timur. Bubur ini unik dengan campuran rempah dan bumbu yang kaya, ditambah dengan sayuran dan daging.

8. Kue Bingka

Kue Bingka adalah kue tradisional yang manis dengan tekstur yang lembut. Terbuat dari bahan dasar seperti tepung, telur, dan santan, kue ini cocok sebagai teman minum teh atau kopi.

9. Gulai Ikan Masin

Gulai Ikan Masin adalah gulai khas Kalimantan Timur dengan bahan utama ikan masin. Rasa gurih dari ikan masin berpadu sempurna dengan kuah gulai yang kaya rasa. Gulai Ikan Masin, hidangan khas Kalimantan Timur, menawarkan sebuah perpaduan rasa yang kaya dan memanjakan lidah. Hidangan ini mencerminkan kekayaan kuliner daerah yang dikenal dengan kelezatan masakan lautnya.

10. Mandai

Mandai adalah camilan yang terbuat dari kulit buah cempedak yang difermentasi. Rasanya yang unik dan teksturnya yang krispi membuat Mandai menjadi camilan yang tidak biasa.

Makanan Kalimantan Barat juga menawarkan kekayaan rasa yang beragam, dari yang gurih hingga manis. Setiap hidangan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner di wilayah ini. Satu hal yang pasti, makanan-makanan ini akan membuat Anda ketagihan dan ingin kembali lagi!

Baca Juga:  6 Tempat Makan di Surabaya yang Terkenal Enak
Back To Top