10 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Populer

10 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Populer

Kalimantan Barat, dikenal juga sebagai Bumi Khatulistiwa, tidak hanya kaya akan budaya dan alamnya yang mempesona, tetapi juga sajian kulinernya yang unik dan lezat. Berikut adalah 10 makanan khas Kalimantan Barat yang populer dan wajib dicoba.

1. Manuk Lado Mudo

Dikenal juga sebagai ayam hijau, Manuk Lado Mudo adalah hidangan ayam yang dimasak dengan bumbu khas yang dominan warna hijau dari cabai hijau. Rasanya pedas, segar, dan kaya rempah.

2. Ikan Patin Tempoyak

Ikan patin yang lembut disajikan dengan kuah tempoyak, yaitu fermentasi daging buah durian. Perpaduan rasa asam, pedas, dan creamy dari tempoyak menciptakan cita rasa yang unik. Ikan patin yang lembut disajikan dengan kuah tempoyak, yaitu fermentasi daging buah durian, memberikan cita rasa yang sangat khas. Perpaduan rasa asam, pedas, dan creamy dari tempoyak menciptakan pengalaman kuliner yang unik dan memanjakan lidah. Tempoyak sendiri dibuat dengan cara mengfermentasi daging durian yang sudah matang, lalu dicampur dengan garam dan kadang-kadang cabai.

3. Bubur Pedas Sambas

Bubur ini unik karena menggunakan bumbu rempah-rempah khas Kalimantan Barat, seperti lengkuas, serai, dan kunyit. Bubur Pedas Sambas biasanya disajikan dengan ikan asin dan sayuran segar.

4. Chai Kue

Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras dan isi sayuran atau daging. Chai Kue sering disajikan sebagai makanan ringan atau sarapan. Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras dan isi sayuran atau daging. Chai Kue sering disajikan sebagai makanan ringan atau sarapan. Ciri khas dari Chai Kue adalah teksturnya yang lembut dan kenyal, serta isian yang gurih dan menyegarkan. Isian Chai Kue biasanya terdiri dari campuran sayuran seperti wortel, kubis, dan tauge, seringkali ditambah dengan daging ayam atau udang yang telah dicincang halus.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Kalimantan Timur, Bikin Ketagihan!

5. Nasi Kuning Pontianak

Nasi kuning ini berbeda dengan nasi kuning pada umumnya. Disajikan dengan ikan teri, serundeng, dan sambal, nasi kuning Pontianak memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

6. Laksa Pontianak

Laksa versi Kalimantan Barat ini memiliki kuah santan yang kaya rempah. Biasanya disajikan dengan ayam, telur, dan sayuran, menjadikan laksa Pontianak sangat memuaskan.

7. Soto Banjar

Meskipun namanya Soto Banjar, soto ini juga sangat populer di Kalimantan Barat. Kuahnya yang kaya bumbu dengan potongan ayam, ketupat, dan taburan bawang goreng, membuat soto ini selalu dicari.

8. Kue Bingka

Kue ini terbuat dari tepung tapioka atau ubi, gula, dan santan. Teksturnya lembut dan rasa manisnya pas. Bingka biasa disajikan sebagai camilan atau penutup makanan.

9. Pais Ikan

Pais ikan adalah ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan bumbu khas. Cara memasaknya yang unik membuat ikan ini memiliki rasa yang khas dan aroma yang menggoda.

10. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah ketupat yang disajikan dengan kuah khas berwarna merah dari cabai. Biasanya disajikan dengan daging sapi atau ayam dan sayuran, menjadikannya hidangan yang kaya rasa.

Kuliner Kalimantan Barat menawarkan pengalaman rasa yang beragam dan unik. Setiap hidangan menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi setempat, menjadikannya tidak hanya sekedar makanan, tetapi juga bagian dari warisan budaya yang patut diapresiasi.

Baca Juga:  Makanan Khas Yogyakarta yang Enak
Back To Top