10 Fakta Menarik Tentang Cappadocia, Turki

10 Fakta Menarik Tentang Cappadocia, Turki

  1. Tiga sampai empat juta tahun yang lalu serangkaian letusan gunung berapi mengguncang daerah Anatolia Tengah, membentuk apa yang sekarang kita kenal sebagai peri Cappadocia atau ‘Kastil Kapas’.
  2. Lanskap Cappadocia dibentuk oleh erosi gunung berapi. Abu tebal memadat menjadi batuan lunak, yang disebut tuf, dan seiring waktu, batuan tuf terkikis oleh angin dan air, menciptakan cerobong peri ikonik yang kita lihat sekarang.
  3. Cappadocia membentang sejauh 5. 000 kilometer dan berada di ketinggian lebih dari 1. 000 meter, memotong tiga provinsi Anatolia – Nevsehir, Keyseri, dan Nigde.
  4. Nama Cappadocia berasal dari kata Persia Katpaktukya, yang berarti ‘tanah kuda yang indah’ karena pada zaman dahulu wilayah ini dikenal dengan persembahan kudanya. Kuda masih penting bagi penduduk setempat yang menyebut Cappadocia sebagai rumah dan mereka juga menawarkan moda transportasi alternatif bagi pengunjung.
  5. Ada sejumlah kota bawah tanah di Cappadocia, beberapa dihubungkan oleh jaringan terowongan. Pemukiman bawah tanah ini dimungkinkan berkat kelenturan batuan lunak. Banyak yang terbuka untuk pengunjung, namun, banyak tanah di daerah tersebut adalah milik pribadi.
  6. Ada sebanyak 600 gereja yang dipahat dari batuan Kapadokia yang lunak dan mungkin masih banyak lagi yang belum ditemukan. Gereja-gereja ini berasal dari zaman Abad Pertengahan dan menampilkan lukisan dinding yang indah, yang telah mempertahankan jumlah warna dan detail yang menakjubkan selama berabad-abad. Beberapa figur yang dilukis matanya telah dicakar oleh penduduk setempat yang percaya takhayul yang takut akan Mata Jahat.
  7. Desa Göreme berfungsi sebagai pusat wisata utama di kawasan ini dan juga merupakan salah satu dari sedikit pemukiman Cappadocian yang masih dihuni hingga saat ini. Orang-orang Kristen memberi nama kota Göreme yang berarti ‘Anda tidak dapat melihat di sini’, karena mereka bersembunyi di daerah itu selama invasi Arab.
  8. Museum Terbuka Göreme meliputi kompleks keagamaan paling terkenal di daerah tersebut. Di samping situs batu lainnya di Cappadocia, tempat ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985.
  9. Konser musik sering diadakan di sekitar bangunan gua Cappadocia, termasuk Festival Musik Cappadocia selama seminggu yang menampilkan paduan suara dan orkestra.
  10. Wilayah Cappadocia adalah penghasil anggur besar dan diyakini bahwa pembuatan anggur memiliki sejarah panjang di sini. Ada sejumlah toko pencicip anggur di mana pengunjung dapat mencicipi barangnya dan dalam beberapa tahun terakhir anggur dari wilayah tersebut telah memenangkan penghargaan internasional.
Baca Juga:  10 Objek Wisata Terbaik di Pulau Komodo