9 Strategi Rantai Pasokan untuk Bisnis eCommerce
Dimas Arya Posted on

9 Strategi Rantai Pasokan untuk Bisnis eCommerce

Rantai pasokan multisaluran melibatkan berbagai faktor agar dapat berjalan dengan lancar. Ini biasanya mencakup gudang, distribusi, transportasi, dan teknologi. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk menganalisis rantai pasokan Anda dan keseluruhan operasinya sambil membuat strategi untuk bisnis eCommerce. Anda juga harus menilai operasi gudang yang akan membantu Anda memeriksa efisiensinya. Ini akan membantu Anda melakukan analisis kualitatif dan kuantitatif dari keseluruhan proses dan sistem Anda.

1. Tingkatkan Rantai Pasokan Masuk Anda

Apakah Anda murni seorang pemain bisnis eCommerce atau pengecer omnichannel, buat rantai pasokan masuk Anda efisien. Anda harus mengelola produk dan bahan yang masuk secara cerdas dengan memastikan bahwa Anda mendapatkan bahan dan produk yang masuk tepat waktu.

Analisis masalah yang ada dalam struktur rantai pasokan masuk Anda. Mulailah dengan mengetahui biaya pengerjaan ulang tanda terima yang tidak sesuai. Juga, identifikasi vendor yang menyebabkan keterlambatan dan masalah biaya. Anda dapat menerapkan sistem komputer yang andal antara perusahaan Anda dan vendor untuk memastikan transparansi. Cara lain untuk meningkatkan rantai pasokan masuk adalah dengan melacak semua aktivitas masuk seperti inspeksi dan tiket. Ini akan membuat Anda memahami cara merampingkan keseluruhan strategi operasi rantai pasokan untuk bisnis eCommerce Anda.

Selain itu, akan membantu jika Anda mengerjakan perkiraan inventaris untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang inventaris yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini memberi Anda perkiraan produk yang akan Anda jual selama periode tertentu, sehingga berdampak positif pada rantai pasokan masuk Anda.

2. Minimalkan Waktu Pengiriman dan Biaya Pengiriman

Semua pelanggan Anda saat ini mengharapkan Anda untuk memberikan layanan tepat waktu. Segera setelah pesanan dilakukan di platform eCommerce Anda, pemasok harus menerima pembuatan pesanan. Karena itu, akan membantu jika Anda responsif dengan mengirimkan pesanan mereka dengan cepat dengan tarif pengiriman yang lebih rendah. Periksa saluran multi-distribusi Anda untuk membentuk strategi waktu pengiriman yang lebih baik. Selain itu, pertimbangkan untuk mengerahkan staf dan fasilitas tambahan untuk mengurangi waktu pengiriman guna meningkatkan sistem rantai pasokan Anda.

3. Tingkatkan Kapasitas Gudang

Meningkatkan kapasitas gudang berdampak signifikan pada produktivitas rantai pasokan Anda. Bukan langkah bijak untuk pindah ke ruang baru. Anda mungkin menghadapi masalah kapasitas karena tidak memiliki tata letak yang tepat dari pusat distribusi Anda. Daripada pindah ke pusat baru, kosongkan beberapa ruang di gudang Anda saat ini dengan membuang produk yang tidak lagi Anda gunakan. Dengan menggarap area tersebut, Anda bisa dengan cerdas meningkatkan kapasitas gudang.

Dibutuhkan jumlah yang besar untuk mengoperasikan dan mengelola gudang. Mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya tenaga kerja, penanganan material, penyimpanan, dan hunian, Anda perlu mengembangkan solusi untuk memperluas tata letak gudang. Anda tidak dapat mengabaikan area kritis seperti aliran produk, fungsi sistem gudang, dan efisiensi tenaga kerja untuk mencapai kapasitas yang Anda inginkan.

4. Bekerja pada Akurasi Operasional

Salah satu perkembangan teknologi yang signifikan untuk sistem pergudangan adalah teknologi barcode. Ini membantu Anda dalam melacak semua aktivitas di dalam lokasi gudang.

Menerapkan teknologi barcode akan membantu Anda menghasilkan hasil yang menguntungkan jangka panjang untuk bisnis eCommerce Anda. Dari pengiriman hingga penerimaan, hitungan siklus hingga pelacakan tenaga kerja akan membantu Anda meningkatkan akurasi dokumen dan mengurangi waktu pemrosesan.

5. Lebih memperhatikan Pekerjaan Tenaga Kerja

Sebagian besar gudang sangat bergantung pada tenaga kerja manual, dan itu tidak murah. Jika Anda tidak dapat mencapai ROI yang Anda inginkan dalam menerapkan otomatisasi, pengelolaan pekerjaan harus menjadi perhatian utama Anda. Lakukan analisis mendalam dengan tim Anda tentang bagaimana Anda dapat menurunkan biaya tenaga kerja. Pikirkanlah dari sudut pandang jumlah pesanan dan karton yang dikirim.

6. Tingkatkan Jumlah Pesanan

Pengambilan pesanan adalah jantung dari operasi gudang yang memberikan tambahan berharga untuk bisnis eCommerce apa pun. Pengiriman pesanan yang tepat waktu dengan akurasi sangat penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik. Oleh karena itu salah satu cara untuk menambah pesanan per hari adalah dengan memperbaiki prosedur pengambilan dan pengepakan. Bergantung pada ukuran pusat distribusi Anda, Anda dapat menerapkan otomatisasi robotika untuk manajemen produk yang lebih baik. Ini dapat membantu dalam meningkatkan pesanan.

7. Menurunkan Biaya Pengiriman Keluar

Ini adalah inisiatif yang harus diambil oleh setiap bisnis eCommerce. Biaya pengiriman keluar meningkatkan biaya pemenuhan Anda, dan terus naik karena kurangnya pilihan. Anda perlu menganalisis data pengiriman untuk kemungkinan negosiasi tarif. Namun, ini memungkinkan Anda untuk mengurangi tarif pengiriman jika Anda menggunakannya. Carilah berbagai cara yang dapat membantu Anda dalam mengurangi biaya pengiriman keluar.

8. Pertimbangkan Logistik Pihak Ketiga

Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah fasilitas pemenuhan Anda cukup baik atau mendapatkan logistik pihak ketiga lebih disukai. Bekerja dengan logistik pihak ketiga juga melibatkan banyak pusat distribusi. Strategi ini bukan untuk setiap bisnis eCommerce tetapi masih berfungsi untuk banyak orang.

9. Integrasikan Sistem Informasi yang Solid

Di era digital ini, perusahaan membutuhkan teknologi dan otomasi baru dan sangat fungsional untuk beroperasi dengan lancar. Anda bahkan tidak dapat berpikir untuk bertahan hidup tanpa perkembangan teknologi yang maju di dunia modern. Menurut studi statistik, sistem informasi yang baik menyediakan data terkait bisnis yang akurat dan berharga. Kemudian Anda dapat memprediksi hasil di masa depan dan pada akhirnya membuat keputusan bisnis yang tepat.

Kesimpulan

Membuat strategi membuat bisnis di Pantai Klayar Pacitan adalah hal yang tepat membutuhkan wawasan yang mendalam untuk bisnis eCommerce Anda. Anda perlu menggali lebih dalam dan menilai kesalahan apa yang Anda buat dan bagaimana Anda bisa memperbaikinya. Buat daftar semua area yang perlu Anda kerjakan, seperti kapasitas gudang yang ditingkatkan, jumlah pesanan, akurasi operasional, dan sebagainya. Setelah Anda mengetahui kelemahan Anda, Anda akan melakukan upaya cerdas untuk menjalankan bisnis eCommerce Anda dengan cara yang benar. Semoga panduan ini akan membantu Anda membangun strategi rantai pasokan yang tepat untuk bisnis eCommerce Anda dan mencapai pertumbuhan yang diinginkan.