Tips Memulai dan Menjalankan Bisnis Rumahan
Dimas Arya Posted on

Tips Memulai dan Menjalankan Bisnis Rumahan

Banyak majalah bisnis mengatakan bahwa bisnis rumahan adalah masa depan, tetapi kebanyakan pengusaha meragukannya. Ada banyak tantangan ketika Anda harus mengelola tim dari jarak jauh. Namun, ini juga membantu Anda menghemat biaya tinggi yang sangat menarik bagi para pemula. Lebih baik memiliki kantor rumah yang sederhana. Bahkan jika Anda harus mengubah alamat Anda, itu tidak akan meningkatkan biaya untuk pindah rumah Anda. Banyak bisnis baru tidak mampu membayar biaya kantor. Anda dapat memulai bisnis rumahan tanpa uang. Di sini saya telah membahas bagaimana Anda juga dapat memulai bisnis Anda sendiri tanpa kantor dan membawanya menuju kesuksesan.

Identifikasi dan Uji Keterampilan Anda

Sebelum hal lain, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi kekuatan super apa yang Anda miliki. Jika ada bakat dalam diri Anda, itu perlu diidentifikasi dan dimanfaatkan dengan baik. Anda harus menawarkan sesuatu kepada orang-orang jika Anda ingin mereka memberi Anda uang. Keterampilan Anda akan membantu memutuskan jalan yang perlu Anda ambil. Selain itu, akan lebih baik jika Anda selalu memulai bisnis yang Anda kuasai. Tidak perlu khawatir tentang keuntungan dan persaingan jika Anda tahu keahlian terbaik Anda di bidang itu.

Lihat Apakah Bakat Anda Dapat Digunakan untuk Bisnis

Setelah Anda membuat daftar bakat Anda, Anda perlu melihat apakah bakat itu dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Akan lebih baik untuk memiliki banyak talenta, tetapi tidak semuanya menjadi fondasi untuk sebuah bisnis. Jika Anda dapat menggunakan keterampilan Anda untuk membangun bisnis, Anda hanya harus bekerja untuk meningkatkannya. Misalnya, Anda dapat memulai blog jika Anda merasa dapat menulis dengan baik di suatu niche.

Buat Kantor Rumah untuk Diri Sendiri

Tidak mudah untuk bekerja sambil berbaring di tempat tidur Anda. Anda dapat menjawab beberapa email, tetapi Anda tidak dapat bekerja penuh waktu dan menjalankan bisnis seperti ini. Anda harus menciptakan lingkungan profesional untuk diri Anda sendiri. Ini akan membantu Anda fokus pada tujuan Anda dan bekerja dengan produktivitas penuh. Jika memungkinkan, dapatkan ruang terpisah dan persiapkan seperti kantor Anda. Beli furnitur ergonomis seperti kursi dan meja kantor. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam pada awalnya, namun pastikan kantor ini memberikan kesan profesional.

Pelajari Pasar

Sekarang Anda telah memutuskan suatu industri dan siap untuk bekerja keras, inilah saatnya untuk mulai mempelajari pasar. Hal terpenting untuk dipelajari di sini adalah konsep supply and demand. Lihat apakah ada permintaan untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan dan kebutuhan pasokan. Jika pasar sudah jenuh dengan monopoli besar yang kuat, Anda harus memiliki nilai jual yang unik dan rencana yang kuat untuk memasuki pasar. Keputusan ini harus dibuat pada tahap ini sebelum melakukan investasi apa pun.

Buat Rencana Bisnis

Jika Anda mendapatkan sinyal hijau dalam riset pasar, langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis. Rencana bisnis biasanya terdiri dari tujuh halaman dengan banyak pertanyaan berbeda. Dari tujuan bisnis hingga detail audiens target Anda, Anda menentukan semuanya dalam fase ini. Anda mungkin tidak tahu jawaban untuk semua pertanyaan, tetapi Anda harus menyelesaikannya dengan meneliti dan mempelajari. Rencana bisnis akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang masa depan di depan Anda.

Mulai Sebagai Agensi Tanpa Kantor

Setelah Anda memiliki rencana bisnis, saatnya untuk mulai menyebut diri Anda sebagai agen tanpa kantor dan memberi nama perusahaan Anda. Beli domain dan buat situs web dan halaman media sosial untuk meningkatkan kehadiran online Anda. Anda tidak perlu harus menganggur untuk klien Anda, tetapi ini adalah cara Anda akan beroperasi dan menarik anggota tim baru. Sudah ada banyak perusahaan yang beroperasi tanpa kantor dan mempekerjakan staf dari seluruh dunia.

Rancang Rencana Pemasaran

Sekarang setelah Anda memiliki perusahaan dan rencana, Anda perlu mendapatkan pekerjaan. Anda mungkin memerlukan proyek jika Anda menawarkan layanan dan pesanan jika Anda menawarkan produk. Sebuah perusahaan tidak bisa mendapatkan bisnis apa pun jika tidak memiliki klien. Klien-klien ini tertarik melalui strategi pemasaran yang tepat. Anda mungkin harus mempelajarinya sendiri atau meminta bantuan seorang profesional untuk melakukannya. Anda tidak dapat melanjutkan ke langkah berikutnya sampai Anda selesai dengan yang ini.

Cari Bakat yang Tepat

Setelah Anda memiliki pekerjaan, Anda akan membutuhkan orang untuk melakukannya untuk Anda. Anda mungkin harus melakukan semuanya sendiri pada awalnya sampai Anda mendapatkan dasar yang kuat. Namun, jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melakukan pekerjaan, Anda tidak akan dapat mengelola dan mengembangkan bisnis dengan baik. Jadi, Anda mungkin melakukan beberapa pekerjaan sendiri, tetapi pada akhirnya, Anda akan membutuhkan tim. Di sinilah Anda akan menggunakan portal pekerjaan untuk mempublikasikan iklan pekerjaan penuh waktu berbasis rumahan. Orang-orang sudah terbiasa bekerja dari rumah selama penguncian korona, dan mereka tidak terlalu menikmati kembali ke kantor.

Pelajari Keterampilan Seorang CEO

Ketika Anda memiliki pekerjaan yang masuk, dan sebuah tim melakukan pekerjaan itu, Anda perlu mengambil tanggung jawab eksekutif dan memastikan bahwa semuanya dilakukan secara efisien. Anda akan mulai menyebut diri Anda seorang CEO, dan itu akan menjadi tugas Anda untuk memikirkan keuntungan jangka panjang dari bisnis tersebut. Anda belajar di tempat kerja tetapi setelah membuat banyak kesalahan. Temukan mentor atau ikuti beberapa kelas untuk mempelajari setiap keterampilan yang harus dimiliki CEO.

Melakukan Pertemuan Mingguan

Anda mungkin khawatir bahwa tim Anda tidak akan bekerja dengan baik dari rumah. Ini adalah masalah serius, dan mereka mungkin bosan atau tidak menganggapnya serius. Solusi sederhananya adalah dengan mengadakan pertemuan setiap minggu atau setiap dua minggu, di mana mereka harus datang ke rumah Anda. Ini membuat mereka tetap terlibat dan mengetahui sikap mereka. Jika Anda memiliki orang-orang dari berbagai kota dan negara, Anda juga dapat melakukan pertemuan rutin secara online.